Menu

Gerakan Senam Ibu Hamil Paling Aman

Jika Anda sedang hamil, Anda harus tetap memiliki tubuh yang sehat. Salah satu caranya adalah melakukan senam dengan gerakan gerakan tertentu. Anda dapat mengikuti kelas olahraga untuk wanita hamil yang diadakan di rumah sakit atau di rumah dengan tetap dipimpin atau dipandu oleh instruktur yang profesional. Senam hamil tentu memiliki banyakm sekali manfaat, mulai dari mempersiapkan tubuh ibu hingga pada saat waktu persalinan, itu juga mengurangi rasa sakit di bagian tubuh tertentu selama kehamilan. Selain itu janin juga bisa bergerak lebih bebas. Untuk kenyamanan Anda, berikut adalah beberapa gerakan sederhana senam hamil yang dapat Anda lakukan dirumah atau ditempat senam.

  1. Berjalan Kaki
    Pertama, langkah dan itu sangat mudah dilakukan, Anda bisa pergi. Sering-seringlah melakukannya karena dapat mempersingkat waktu kerja. Gerakan sederhana ini dapat dilakukan pada trimester ketiga, karena dapat membantu menempatkan bayi di tempat kelahiran.
  2. Posisi Jongkok
    Anda dapat melakukan latihan ini dengan posisi lurus ke belakang. Kemudian perlahan-lahan turunkan tubuh Anda ke posisi penyangga dan tahan selama 10 detik dan kemudian kembali ke posisi berdiri. Posisi ini dapat memperkuat otot paha dan memperpanjang otot panggul, yang akan memudahkan proses persalinan.
  3. Gerakan Kegel
    Senam kehamilan membutuhkan trik ketika Anda melakukannya, karena otot-otot yang dilatih adalah otot yang menahan urin atau otot kerucut. Tahan selama 5 detik dan ulangi 4-5 kali. Durasi kemudian ditingkatkan menjadi 10 detik. Saat mengencangkan otot-otot dasar panggul, hindari mengencangkan otot-otot perut, paha dan ham dan menjaganya agar tetap bernapas.
  4. Gerakan Kupu-Kupu
    Dalam yoga gerakan ini terjadi dengan duduk di lantai dan meluruskan punggung. Kemudian letakkan kaki Anda bersama dan tekan lutut Anda untuk menyentuh lantai sambil mengunci kaki Anda dengan tangan Anda. Lakukan gerakan ini selama 10-20 detik untuk melatih otot paha dan menghilangkan stres di bagian bawah wanita hamil.
  5. Posisi Merangkak
    Anda dapat melakukan gerakan ini dengan menempatkan diri sesuai keinginan Anda untuk mendaki. Tarik napas perlahan dan tekuk punggung Anda ke dalam. Kemudian rentangkan punggung Anda dengan bernapas dan mengembang dengan lembut. Posisi ini dapat meningkatkan kekuatan otot di perut dan meredakan sakit punggung, terutama pada trimester ketiga.
  6. Gerakan Sujud
    Tempatkan tubuh Anda seolah-olah Anda sedang berlutut ke depan, lalu angkat area panggul sambil menggerakkan kedua telapak tangan lurus. Pastikan loyang atau dagu menempel ke lantai dan lakukan posisi ini 10-20 kali. Hentikan gerakan ini jika Anda merasa pusing atau mual. Gunakan selimut atau bantal tipis untuk mengurangi nyeri lutut.
  7. Duduk bersila
    Ini adalah gerakan dasar selama kehamilan. Jangan lupa menggunakan bantal atau kasur untuk membuat bokong Anda lebih nyaman. Pastikan tubuh tegak sehingga janin tidak tertekan. Dalam posisi ini, wanita hamil dapat berlatih teknik pernapasan dan gerakan sederhana lainnya.
  8. Posisi tidur menghadap samping
    Gerakan ini dilakukan untuk menguatkan otot-otot kaki dan paha serta membuat tubuh wanita hamil rileks dan rileks. Beberapa wanita hamil tidak harus kuat, bahkan mengangkat kaki mereka. Jika Anda mengalami ini, gerakan kaki perlahan dan bertahap akan terbiasa.
  9. Gerakan mengayuh sepeda
    Gerakan ini dilakukan untuk menguatkan otot-otot kaki, dan tentu saja, agar kaki Anda tidak kencang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *