Menu

Beberapa Hal Yang Harus Dipahami Mengenai Zakat Fitrah Agar Tepat Saran Tidak Melenceng

Tentunya kita tahu bahwa kemuliaan ketika melaksanakan salah satunya zakat profesi online yang sudah hadir ditengah-tengah kita tentu sangat fleksibel mau dilaksanakan secara online ataupun offline yang penting menunaikan tidak sampai meninggalkanya pastinya.  Dan saat ini yang menjadi sorotan adalah zakat fitrah dimana zakat ini dilaksanakan ketika rentang waktu bulan ramadhan sehingga tidak boleh untuk kita lewatkan karena hanya momenya pada saat bulan suci ketika bersamaan melaksanakan shaum. Oleh sebab itu tanpa berlama-lama berikut ini adalah beberapa hal yang harus dipahamai mengenai kaitanya zakat fitrah agar nantinya tepat sasaran tidak melencenga yaitu diantaranya yaitu adalah:

Zakat Fitrah Siapa Yang Wajib Melaksanakan

Pastinya jika ingin melaksanakna zakat fitrah maka anda harus mengetahui terlebih dahulu aspek-aspek yang menunjukan serta pengetahuan mengenai zakat fitrah sendiri agar nantinya ketika melaksanakan serta menuanaikanya anda sudah paham terlebih dahulu agar tidak awam.  Tentunya kita pun sangat mengetahui dan mengerti bahwa zakat fitrah itu sendiri merupakan sebuah kewajiban bagi seluruh umat muslim di duni tanpa terkecuali baik bagi yang masih kecil atau sudah dewasa atau bahkan tua maka hukumnya masih wajib. Oleh karena itu ini merupakan sebuah kewajiban yang tidak boleh ditinggalkan dalam rukun islam dan peringkatnya pun ke 3 setelah syahadat dan shalat tentunya kita harus apik dan harus terus menjalankan secara continue rukun islam ini. Untuk hal itu jika kita berperan sebagai imam atau kepala bahtera rumah tangga maka sudah barang tentu menjadi sebuah kewajiban anda untuk membayar zakat fitrah semua tanggungan keluarga baik itu dari diri sendiri, isteri, anak, atau orang tua yang menjadi tanggungan. Tetapi insya allah jika anda melaksanakan secara ikhlas semata-mata karena allah dan tujuan untuk mengharpkan ridha allah maka kita akan dilimpahi sebuah keberkahan hidup serta harta yang tidak akan pernah bisa terhitung dan terkakulasikan pastinya.

Orang Yang Wajib Menerima Zakat Fitrah

Jika kita perhatikan secara detail dan terperinci bahwa zakat fitrah ini memang luar biasa betapa hebatnya dimana kita tahu bahwa melibatkan dua interaksi antara si pemberi dan penerima zakat ini merupakan hal yang sangat istimewa dan mulia sekali jika dipelihara akan terciptanya lingkungan makmur dan harmonis pastinya.  Oleh sebab itu jangan pernah ragu untuk anda serta banyak berpikir panjangharus berzakat atu tidak maka ikhlaskan hati suci kan niat dalam melaksanakan zakat fitrah maka insya allah rezeki anda tidak akan pernah berkurang. Dalam kesempatan ini pun akan dibahas mengenai siapa saja orang yang berhak dan wajib menerima zakat fitrah agar nantinya tidak salah memberi kepada orang yang menerima nya pastinya. Oleh karena itu Allah sendiri menegaskan dalam firmanya QS. At-taubah ayat 60 mengenai ketentuan penerima atau mustahiq zakat yaitu “Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-oang miskin,pengurus-pengurus zakat, para mu”allaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berhuttang, untuk jalan Allah dan untuk mereka yang sedang dalam perjalanan, sebagi suatu ketetapan yang diwajibkan Allah dan Allah maha mengetahui lagi maha bijaksana”. Tentunya hal serta ayat ini mencerahkan kita bahwa kepada siapa seharausnya zakat itu diberikan dengan memiliki harapan dapat meringankan beban ekonomi dan tanggunganya dalam hidup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *