Menu

Alasan Mengapa Bayi Lebih Sering Mengalami Gangguan Pencernaan  

Tidak hanya orang dewasa yang mengalami gangguan pada sistem pencernaannya, namun ternyata bayi juga rentan terhadap gangguan pencernaan, misalnya seperti diare dan sembelit dalam kondisi ini tentu menjadikan bayi menjadi rewel dan membuat orang tua merasa khawatir. Pada dasarnya bayi yang seringkali mengalami gangguan pencernaan disebabkan beberapa alasan.

Berikut ini alasan mengapa bayi lebih sering mengalami gangguan pada sistem pencernaannya, yaitu:

  1. Sistem pencernaan yang belum berfungsi secara normal

Saat bayi dilahirkan tentu terdapat perubahan pada bayi memperoleh makanan karena makanan yang didapatkan tidak lagi dari plasenta, namun di dapatkan secara langsung melalui mulutnya sendiri. Perubahan inilah yang menjadikan tubuh bayi harus menyesuaikan dari bentuk makanan yang masuk pada tubuhnya. Oleh karena itu wajar saja jika sistem pencernaan bayi belum sepenuhnya berfungsi normal.

  1. Sistem kekebalan tubuh belum kuat

Bagian sistem imun pada bayi memang belum dapat memberikan perlawanan pada beberapa patogen atau bibit penyakit. Sehingga hal ini seringkali menimbulkan gangguan pada pencernaan si bayi akibat infeksi. Karena sistem kekebalan tubuh belum kuat maka hal ini menjadikan bayi sering mengalami gangguan pada sistem pencernaan karena bakteri yang masuk dalam tubuhnya.

  1. Tidak semua makanan bisa dikonsumsi bayi

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa makanan yang dikonsumsi bayi tidak sembarang makanan bisa masuk dalam sistem pencernaannya. Namun hanya ada beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsinya, salah satunya seperti ASI lebih memudahkan Anda dalam memberikan asupan makanan yang tepat. Supaya gangguan pencernaan pada bayi tidak lagi terjadi silahkan cari tahu melalui https://www.guesehat.com/mengatasi-gangguan-pencernaan-pada-bayi.

Meskipun gangguan pada sistem pencernaan bayi dianggap sebagai suatu hal yang wajar dan seringkali dialami oleh bayi. Namun sebaiknya Anda tidak mengabaikan hal ini. Salah satu cara yang harus dilakukan para orang tua yaitu dengan mengkonsultasikannya kepada dokter. Anda tidak perlu bingung dimana dan bagaimana harus berkonsultasi, karena saat ini sudah hadir pelayanan konsultasi dengan dokter secara gratis melalui www.guesehat.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *